Beberapa Makanan Ini Mesti Di Waspadai Wanita yang Sedang Haid


Hai, apakabar semua. Mudah-mudahan semua dalam keadaan sehat. Pada perjumpaan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa makanan yang harus di waspadai oleh wanita yang sedang haid.
Beberapa makanan memang ada yang sangat berpengaruh pada siklus haid wanita. Di bawah ini akan kita coba jelaskan apa saja dan bagaimana pengaruhnya makanan tersebut.
Hati-hati karena makan yang tidak teratur dapat menyebabkan haid tidak lancar, atau malah menjadi sakit. Berikut adalah makanan-makanan yang harus dihindari saad sedang haid.

Kafein


Kafein adalah salah satu makanan yang harus dihindari saat menstruasi. Hal ini karena kafein bersifat menyempitkan pembuluh darah. Kafein juga menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Sehingga mengakibatkan ketidaknyamanan menstruasi, menyebabkan sakit kepala dan peningkatan kadar kegugupan (jantung akan memompa darah lebih kencang). Jadi sebaiknya hindari kopi, minuman berkafein lainnya dan cokelat yang berkafein.

Makanan Tinggi Gula


Sangat dianjurkan saat wanita sedang menstruasi untuk menghindari mengkonsumsi terlalu banyak makanan berkadar gula tinggi seperti permen, soda dan makanan bewrkadar gula tinggi lainnya. Hal ini karena makan makanan tinggi gula akan menyebabkan lonjakan gula darah yang akan segera terpecah. Ketika kadar gula darah Anda tiba-tiba pecah setelah lonjakan, itu membuat Anda merasa tempramental, mudah kesal, rewel, badmood dan lesu.

Daging Panggang


Menghindari daging panggang adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi kram menstruasi dan nyeri. Hal ini terjadi karena daging panggang mengandung sejumlah besar lemak trans. Lemak trans atau trans-asam lemak akan mendorong tingkat estrogen meningkat, yang akan menyebabkan sakit dramatis dan tiba-tiba di dalam rahim. Hal ini akan mengakibatkan eskalasi kram menstruasi. Contohnya adalah daging burger, daging pada pizza.

Makanan Kaleng dan Olahan lainnya


Makanan olahan seperti makanan kaleng dan makanan olahan lainnya sebaiknya dihindari selama periode menstruasi. Hal ini terjadi karena makanan kaleng atau olahan selalu mengandung sodium yang tinggi. Natrium tinggi dapat menyebabkan retensi air dan membuat tubuh membengkak. Jadi disarankan untuk menghindari makanan olahan seperti daging olahan , makanan kalengan, keju, kecap dan MSG. HIndari makanan olahan dan kalengan yang mengandung sodium 200mg per porsi atau lebih.

Gandum dan Biji-Bijian Olahan

Ketika gandum dan biji-bijian asli mengalami pengolahan, mereka kehilangan hampir semua kandungan nutrisi mereka untuk menjadi biji-bijian olahan. Oleh karenanya, biji-bijian olahan dapat meningkatkan lebih cepat kadar gula darah. Mereka juga mempengaruhi nafsu makan di antara waktu makan. Faktor-faktor ini dapat memperparah gejala menstruasi. Makanan seperti pasta, nasi putih dan roti putih harus dihindari jika Anda ingin mengurangi derita sakit saat menstruasi.

Gorengan

Aneka makanan gorengan mengandung tinggi lemak dan minyak, yang meningkatkan kadar estrogen. Makanan yang digoreng seperti kentang goreng, ayam goreng dan aneka cemilan gorengan harus dihindari untuk menjaga tingkat estrogen yang stabil. Jika menghindari makan gorengan saat mesntruasi, akan membuat rahim dalam kondisi yang stabil, mengurangi kram dan nyeri.
Aneka makanan gorengan mengandung tinggi lemak dan minyak, yang meningkatkan kadar estrogen. Makanan yang digoreng seperti kentang goreng, ayam goreng dan aneka cemilan gorengan harus dihindari untuk menjaga tingkat estrogen yang stabil. Jika menghindari makan gorengan saat mesntruasi, akan membuat rahim dalam kondisi yang stabil, mengurangi kram dan nyeri.

Nah, sekarang anda sudah tahukan makanan apa saja yang harus dihindari. Jaga pola makan agar haid bisa lancar. 
Baiklah perjumpaan kita cukupkan sampai disini ya, sis and mom. Jangan lupa dibagi ke sahabat dan handai taulan, ya.